Senin, 24 November 2014

Fotografi Macro - Kumbang Daun Kuning Emas

Kumbang Daun Kuning Emas
Golden leaf beetle (Podontia lutea, Chrysomelidae)

Indonesia adalah negeri yang indah, alamnya subur, kaya dan makmur, “ tongkat kayu dan batu jadi tanaman…..”, kata syair lagunya Band legendaries Koes Plus.

Syair lagu ini telah dibuktikan berkali-kali oleh para petani tambak di Sidoarjo, selain menebar benih ikan dan udang di tambak, mereka juga biasa memanfaatkan parit-parit (galengan / pinggiran tambak) yang lebarnya tak seberapa itu menjadi kebun-kebun sayur atau buah-buahan, yang hasilnya cukup lumayan. Selain hasilnya lumayan, pemanfaatan lahan-lahan kecil di pinggiran tambak tersebut juga memperindah lingkungan di sekitar tambak, tambak kelihatan lebih asri ketika parit-parit tersebut hijau dengan berbagai macam tanaman.

Dari jauh tampak indah, dari dekat justru lebih indah lagi, ada warna-warni bunga sayuran yang mekar, dan berbagai macam kupu-kupu, lebah, kumbang, capung, dan serangga-seranga lain terbang dan hinggap di sana-sini, oohhh…Tuhan, betapa indahnya semua ciptaan-Mu.

Aku membungkukan badan untuk melihat lebih dekat, warna kuning keemasan di pucuk daun hijau, menarik perhatianku untuk melihat lebih jelas, “ yaa… Tuhan…lucunya ! “.


Golden leaf beetle in the special moment

Kumbang daun kuning emas, Golden leaf beetle (Podontia lutea, Chrysomelidae) sedang menikmati indahnya alam semesta, matahari pagi dan warna kuning bunga melon yang mekar di sana-sini, seolah-olah menjadi pencahaya dan pemantul cahaya alami untuk photography.


Golden leaf beetle in the special moment photo 2

Golden leaf beetle, beberapa sumber menyebutkan bahwa kumbang kuning ini berasal dari negeri China, tetapi para petani di tambak mengatakan bahwa kumbang daun ini sudah dari dulu ada di sekitaran tambak di daerah Sidoarjo, terutama di tambak-tambak yang parit-paritnya ditanami semangka, melon, timun emas, blewah, dan sayur-sayuran hijau yang lain. 


Golden leaf beetle in the special moment photo 3

Golden leaf beetle, aku tahu nama ini dari seorang teman di Google+, Valerie J, ketika aku mengupload photo serangga ini beberapa waktu yang lalu di Google+. Itulah salah satu manfaat berteman di Google+, sembari kita berbagi, lebih dari itu kita sesungguhnya lebih banyak mendapatkan pengetahuan dan hal-hal baru yang selama ini belum kita ketahui.


Golden leaf beetle in the special moment photo 4

Mau lihat photo-photo yang lain, klik tautan di bawah ini :

Terima kasih, semoga bisa menyenangkan dan bermanfaat bagi kita semua, amin.



Oleh :
Admin. Mancing Kutuk Gabus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Anda di blog kami, dengan senang hati, kami mempersilahkan Anda untuk memberikan masukan, saran, dan komentar.
Salam bahagia.